CakBud: Ketika Hidup Harus Bermakna Untuk Sesama..

Menambahkan Fungsi Terbilang Pada OpenOffice.org Calc dengan file Basic Source Code (.bas)

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tantang bagaimana menambahkan fungsi terbilang pada OpenOffice.org Calc, Seperti yang pernah saya bahas pada tulisan sebelumnya, yaitu membuat add ins terbilang pada Microsoft Excel, kegunaan dari penambahan fungsi ini adalah sebagai konverter dari angka menjadi terbilang.

Kenapa menggunakan File Basic Source Code? Alasan utama saya menggunakan file Basic adalah untuk memudahkan dalam distribusi, sehingga nantinya diharapkan anda bisa menularkan fungsi tebilang ini kepada temen-temen lain pengguna OpenOffice.org Calc dengan mudah.

Berikut ururan proses yang bisa lakukan :

  1. Siapkan secangkir kopi atau minuman apa yang saja yang menurut anda akan memberikan kesegaran pada diri anda :) , jangan tanya apa hubunganya dengan bahasan kita.. karena sedang ada hubungan gelap he.. he.. he..
  2. Siapkan komputer anda, bisa pake OS apa saja, bebas yang penting mempunyai Text Editor, yang jelas harus sudah terinstall OpenOffice.org Calc, kalo gak gimana bisa nyoba? :)
  3. Siapkan Basic Source Code terbilang anda, disini saya tidak membahas cara membuat fungsi terbilangnya, karena diinternet sudah cukup banyak yang menyediakan, anda tinggal googling aja dengan kata kunci “terbilang”, pada kesempatan kali ini kita coba gunakan kode dari situsnya mas Eko dan jangan pernah bilang bahwa ini adalah buatan saya :)Buka editor text editor anda, bisa notepad atau yang lain, copy Kode program diatas kemudian simpan dengan jenis file Basic Source Code (.bas), untuk kebutuhan ini anda bisa langsung Save – tentukan nama file, misalnya terbilang.bas(penulisan nama file lengkap dengan ekstensinya). Sampai disini pekerjaan kita sudah 50% selesai.
  4. Setelah file anda memiliki file .bas, selanjutnya anda bisa mendistribusikan untukĀ  pengguna OpenOffice.org Calc yang lain, caranya :

Buka OpenOffice.org Calc anda
open
Klik Menu Tools- Macros – Organize Macros – OpenOffice.org Basic …
tools
Klik Toolbar Insert Basic Source, arahkan ke file .bas yang tadi sudah anda buat.

insert

Jika proses anda benar, maka akan menghasilkan tampilan sebagai berikut :

hasil-insert

Tutup jendela macro anda dan kembali ke jendela OpenOffice.org Calc, sekarang coba anda ketikkan 1000 pada cell A1, dan ketikkan =terbilang(A1) pada Cell B1 maka akan menghasilkan Seribu Rupiah.

final

Pada Sorce Code ini Mas Eko juga sudah menambahkan style penulisan terbilang yang dibedakan dalam variabel style

=terbilang(A1) ==> “Seribu rupiah”
=terbilang(A1;1) ==> “SERIBU RUPIAH”
=terbilang(A1;2) ==> “seribu rupiah”
=terbilang(A1;3) ==> “Seribu Rupiah”

Demikian semoga membantu,

Uji coba dilakukan dengan

OpenOffice.org Calc 3.0

Thanks to Mas Eko for Coding

Share

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.